Reksadana

Sebenarnya reksadana pertama sudah dibeli bulan Juli kemarin, tapi peruntukannya buat pendidikan lintang. PR besar yang lain yaitu dana pensiun, gak pengen kan di hari tua ngeropotin anak mantu. Karena nunggu duit lebih gak kunjung ada, jatuhnya malah minus terus ūüė¶ yuuuk kita nekat aja!!

Rencana nya sih sama kayak reksadana pertama belinya di bank permata biar gak usah buka rekening lagi, tapi ternyata di bank permata untuk reksadana saham syariah yang bisa autoinvest setiap bulan, cuma reksadana yang kami beli juli itu (Reksadana Saham Mandiri Investa Atraktif Syariah)…patah hati.

Beli dmn lagi??

Salah satu bank yang terkenal sebagai pasar reksadana yaitu commonwealth bank, banyak banget¬†produk reksadana yang dijual disitu, termasuk banyaknya pilihan untuk produk yang bisa autoinvest (baca : autodebet dari rekening¬†setiap bulan) yang cocok buat orang¬†yang suka sulit lupa nabung ūüôā¬†¬†

Syaratnya juga gak ribet, cukup bawa KTP, NPWP dan uang untuk pembukaan rekening, beli 2¬†materai dan pembelian pertama reksadana.¬† Berhubung saya belum punya rekening disana, buka rekening dulu doong. Si CS akan menerangkan tipe tabungan, saya pilih Tabungan Bunga Harian. Knapa? karna saldo bisa sampai¬†0, uang administrasi murah, biaya pembukaan rekening mulai 500rb dan tetap gratis biaya ATM di ATM Bersama/Prima/BCA. Siip kan…

Setelah beres dengan administrasi pembukaan rekening, si CS menerangkan mengenai reksadana. Dari hasil browsing2, saya nenetapkan pilihan pada 2 reksadana saham syariah (untuk tujuan jangka panjang, reksadana saham OK Рhigh risk high growth) yaitu Manulife Syariah Sektoral Amanah dan BNP Paribas Pesona Syariah. Moga pilihan yang tepat. amin.

Selanjutnya, saya diminta buat mengisi Form Pembelian Reksadana (untuk pembelian 1), Form Pembelian Berkala (untuk pembelian bulan selanjutnya secara autoinvest) dan Kuesioner Profil Resiko. Proses isi mengisi ini lumayan memakan waktu…

Beres mengisi form2, saya diminta ke teller buat menyetorkan uang tunai. Kita dapat buku tabungan.SELESAI.

 

Commonwealth

 

Eiitss…jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap bulan rekening terisi minimal¬†nominal uang yang kita tulis untuk autoinvest ya. selain autoinvest kita juga diberikan¬†token, soooo¬†bisa beli sendiri reksadana¬†(top up) lewat Internet Banking (diskon 50% biaya pembelian). Trus…masing2 produk memiliki ketentuan nilai minimal pembelian pertama, sooo jangan sampe kurang bawa uangnya. Pengalaman kmrn bawa uangnya pas banget, untung masih bisa pulang ūüôā

Yuk ber-investasi!!!

Advertisements

4 thoughts on “Reksadana

  1. Hai, Mba. Salam kenal. Saya jg nasabah comwth bank dan ambil reksadana BNP paribas pesona syariah. Saya pun akhirnya ke bank ini karena banyak kemudahan untuk bisa berinvestasi tanpa modal guedee dan dapat laporan bulanan. Nice post, mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s