Mengurus ini itu, cara indah mengisi liburan

Kenapa ya yang namanya kantor pelayanan itu bukanya harus senin – jumat. Jadinya kan susah kalo mo ngurus surat2, bahkan mo buka tabungan aja kudu pas jam istirahat kantor.

Karena itulah, kalo ada libur dan lagi gak kemana-mana, aku tuh semangat buat ngurus ini itu. Kayak libur akhir tahun kemarin, berhasil bikin PASPOR walaupun pake drama seharian ngantri di kantor imigrasi.

Pas libur lebaran kemarin, kantorku dah libur dari H-6. Setelah berhasil merayu suami buat nganterin, dimulailah petulangan kami.

 

1. Perubahan ID Pelanggan PPA & PPL Delta Mas

   Sebenarnya aku gak ada rencana untuk ngurus ini, gak penting2 amat menurutku. Tapi suami ngingetin buat kesana dulu, okelah..

Dimana? Di kantor Customer service

Persyaratan? FC KTP, FC Setifikat atau akte jual beli.

Sama si ibu (lupa namanya) diproses saat itu juga, disuruh mengisi biodata koresponden dan diberikan kuliah peraturan perumahan. Ternyata peraturannya banyak, baru tau, padahal dah tinggal 2 tahun lebih :). makasih ya bu.. mulai bulan depan tagihan bulan depan atas namaku, yeaay…

 

2. Roya

Apa pula ini roya? sumpah…aku juga baru denger pas si pegawai Bank Permata ngasih tau surat pengantar buat mengurus roya & KTP pegawai permata yang bertanda tangan di surat tsb. Sempat lupa lama, baru ingat pas ada teman yang ngobrolin tentang roya.

Roya : pencoretan pada buku tanah Hak Tanggungan karena hak tanggungan telah hapus (sumber ini).

Dimana Tempat nya? Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi (lokasi di sebelah kiri mall lipo cikarang – masuk ke jalan kecil – sekomplek dengan masjid, loket buat ngurusnya di lantai 2)

alamatnya  lengkapnya : Komplek Lippo Cikarang Jl. Daha Blok B4 Kode Pos 17550
                                      Telepon (021) 89902728
                                       Email kab-Bekasi@bpn.go.id

atau disini untuk alamat kantor wilayah badan pertanahan lainnya.

Persyaratan :

a. formulir Permohonan yang sudah diisi  dan ditandatangani pemohon atau kuasanya diatas materai. (beli dulu di koperasi sebelum naik ke lantai 2, posisi dibelakang bank BJB, sekitar Rp. 20.000 dapet form, map & materai)

b. Surat kuasa apabila dikuasakan (kalo ngurus sendiri gak perlu ini)

c. FC Identitas pemohon (KTP, KK) dan kuasa apabila dikuasakan, yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket (bawa FC & aslinya ya..)

d. Sertifikat Tanah & Sertifikat Hak Tanggungan

e. Surat roya atau surat keterangan lunas (kalo KPR dikasih sama bank)

f. FC KTP pemberi HT(debitur) –> dikasih juga ma bank kalo KPR.

Kalo bingung, tanya satpam aj, pengalaman kemarin diarahin ma satpam disana. Sama satpam ditunjukin buat nyerahin berkas untuk dicek di ruangan. Dari situ diserahkan di loket untuk pencatatan, setelahnya ke loket terakhir untuk pembayaran  dan menerima dokumen buat pengambilan nanti.

Biaya Rp. 50.000 dan dokumen bisa diambil setelah 10 hari kerja.

Saran : sebaiknya pagi atau setelah jam 13.00. karena ada jam istirahat 12.00 – 13.00.

 

3. Bayar PBB

  Jadi ceritanya tahun kemarin itu lupa belum ngambil surat pemberitahuan PBB, jadilah PBB tahun 2013 belum terbayar. Suami nyoba pake internet banking, ternyata udah gak bisa pake BCA. Katanya sekarang lewat bank BJB. Karena daku selalu mengaku2 sebagai WNI yang baik, pas liat ada bank BJB di samping kantor pertanahan diatas, bisa nih bayar PBB. Cukup serahkan surat tagihannya, bayar, selesai. Iseng2 curhat kalo tahun kemarin belum bayar karna gak ada surat pemberitahuannya, ternyata tanpa surat tsb. TETAP bisa bayar asalkan tahu NOP (nomer objek pajak nya). Oooooo…. tapi kena denda 😦 gak banyak juga sih 🙂

 

Sekian cerita menghabiskan liburan ala bunda wulan. Besok2 kita sambung lagi crita mengurus balik nama PBB & ID PLN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s