Mengenalkan Uang pada Lintang

Aku pernah dengar konon katanya (gak dengar langsung) seorang teman tidak mengenalkan UANG pada anaknya sampai usia TK. Trus dalam hati aku bertanya?? kenapa ya? efek2nya knapa ya? trus kalo aku nanti gimana?

Tidak ada kurikulum khusus buat ngenalin uang ke lintang dan tak ada niatan pula buat menunda mengenalkan uang. Alasan waktu itu, pengennya lintang realistis aja ma kehidupan (kan uang salah satu komponen penting). Lintang punya celengan dari mulai umur 1 tahun, tapi lebih karena belajar masukin koin dan menurutku punya celengan itu lucu :). Dia juga sering ikut belanja ke pasar dan minimarket.

Trus….
Pas di Grup Ibu-ibu belajar (salah satu grup yang kuikuti #banciGrup) lagi bahas “pengenalan uang pada anak” terbukalah pengetahuanku.

Salah satu ibu yang sering ikut pelatihan sharing :
Bahwa —-> Fungsi Uang,
1. Alat pembayaran/belanja
2. Beramal
3. Menabung
4. Investasi
Karena investasi mengandung resiko dan anak belum bisa memahaminya, maka di tahap awal kita baru mengenalkan 3 fungsi uang dulu – BBM : Belanja, Beramal dan Menabung. Ketiga fungsi ini dikenalkan secara proporsional.
Lah….karena dulu pas aku kecil seringnya disuruh nabung, makanya pas udah gede gak bijak ma uang alias maunya blanja mulu 🙂

Lintang (2tahun 9 bulan) sekarang pada tahap 2-3 tahun, yaitu mulai main simbolik. Dia bisa belajar fungsi uang dari bayar saat belanja di minimarket, menabung di celengan dan masukin uang ke kotak amal.

lintang belanja

Celengan : ayah, Bunda, Lintang (ki-ka)

Celengan : ayah, Bunda, Lintang (ki-ka)

Tahapan selanjutnya 3 tahun (mulai berhitung 1-10).
Sekarang lintang udah bisa berhitung walau kadang gak urut dan kalo diatanya harganya berapa – semuanya 5000.
Pada tahap ini dikenalkan fungsi uang lewat main peran. Pas jual beli misalnya susu dihargai 4 koin atau 4 lembar, nanti kita minta si anak buat ngitung uang di dia.
Hal ini terus berlanjut seiiring kemampuan logis matematisnya, kalo udah tau 5 > 1 ; 3 > 2 baru belajar kembalian. Seru juga ya….

Ternyata emang semua hal butuh ilmu ya…bahkan untuk uang yang menurutku dulu alamiah aja ngenalinnya.
Semangat untuk terus belajar dari berbagai sumber!!!

——
PR : menyediakan uang kertas mainan dan koin buat main peran jual beli. beli dimana nih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s