Setahun Laktasi

Besok…hari terakhir laktasi di kantor.

Alhamdulillah, dimudahkan proses laktasi anak kedua ini.

~~~~~~

Kalo dulu, pas jamannya lintang, parno abis bis bis..
Takut banget stok asip kurang, takut mastitis,Β  dan takut banget hantu menyusui “bingung puting”.

Di otak seperti ada kata2 berputar “gimana kalo ini..gimana kalo itu, apa ini yang itu ya…crowded πŸ™‚ ”

Kehamilan ke-2 lebih PEDE. Dah baca banyak literatur macam buku catatan ayah asi, artikel2 tentang ASI bahkan pernah ikut seminar AIMI.

Awal2 menyusui, pelekatan no problemo. Pas mulai bekerja nyoba pake feeder cup, tapi gagal. Dengan berat hati memilih botol dot, jatuh ke tommee tippee, alhamdulillah sampe sekarang gak bingung puting.

Proses laktasi lancar, sehari 3 kali selama di kantor. Jam 07.00 sebelum mulai kerja, Jam 12.15 pas istirahat dan jam 15.30 sebelum jam pulang. Sekali pulang bawa hasil perahan (berasa sapi πŸ™‚ ) 500-700ml.

Cakrawala minum asip per hari sekitar 400ml, jadi setiap hari masih bisa nyetok. Alhasil kulkas penuh. Jadinya ASI nya didonorin, so far punya 2 anak ASI.

Kalo ada yang nanya apa tipsnya, aku juga bingung. Karena gak ada treatment khusus. Sesekali memang pijat payudara kalo pas mandi. Selain itu, biasa aja. Paling makan banyak :), minum cukup, makan sayur dan buah. Gak capek badan dan gak capek hati. Selalu positif thinking. Just it.

Oh ya, kunci sukses meyusui adalah dukungan orang2 rumah, terutama suami. Makasih teramat dalam untukmu suamiku, atas dedikasinya selama 1 tahun ini sebagai Ayah ASI, muaach….Mulai dari mencuci, steril botol, nyiapin ke tas dan menyimpan ASI. You did It well. Kamu macho banget kalo pas nuang asi ke botol πŸ™‚

Bapak2 di luar sana, berikan cinta yang berlimpah ya buat busui, jangan biarkan dia merasa sendiri. Mulai hal kecil, “dapet brapa ml hari ini” sampe ke pertanyaan paling ditunggu “mo dikasih kado apa minggu ini”.

Makasi juga buat :

Ibuku juga atas kesabarannya, memberi asi ke cakrawala disaat aku kerja, makasih ya mak *peluk erat.

Kantorku atas ruang laktasinya yang nyaman dan bosku juga yang selalu rela ditinggal laktasi ma anak buahnya πŸ™‚

~~~~~

Moga setiap tetes ASI yang kau minum membawa kebaikan dalam hidupmu nak.

Hidup ASI!!

Hidup Busui!!

Hidup Anak Indonesia!!

Stok asip kini

Stok asip kini

Advertisements

3 thoughts on “Setahun Laktasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s