Ulang Tahun Ku

Tangal 18 kemarin aku sudah 30 tahun….
Tapi…
Suamiku gak mengucapin selamat ulang tahun, apalagi ngasih kado
Hikssssss
Masak kalah ma bilna, zalora dan kaskus *dasar mantan pecandu online shop.
Yang ngasih selamat cuma 2 orang, adik perempuanku dan seorang temen kantor dulu.

Trus aku tagihlah ke suami.
Eh, dengan tanpa dosa dia bilang
“Selamat ulang tahun PALSU sayang”

Apaaaa…palsu…jreng2… *zoom in zoom out

Okelah, akan aku ceritakan sejarah kelam ini kawan
Aku dulu malu sekali kalo harus menceritakan ini.
Sekarang masih malu jg sih ๐Ÿ™‚

Aku tak tahu dulu gimana ceritanya bisa2nya bapak ibuku menulis tanggal 18 april sebagai tanggal lahirku. Sungguh terlalu….
Yang aku tahu, tanggal itu telah melekat di semua identitasku.
Trus…. bagaimana aku tahu itu palsu.
Memang benar kata pepatah, Kebenaran akan selalu terkuak.

Suatu hari, aku yang rajin sedang membereskan ruang tamu termasuk membersihkan pajangan di tembok. Tak sengaja kulihat sebuah tanggal, tahun dan harinya sama dengan hari kelahiranku.Bapak memang punya kebiasaan memotong bagian kalender dan menempelnya di belakang pajangan untuk mengingat hari penting. Waktu itu aku mulai mencurigai tanggal itu sebagai ulang tahunku. Oh ya, aku masih SD di kala itu.

Potongan puzzle kedua, aku pernah dengar cerita temanku kalo dia punya saudara yang seumuran dengan kami yang lahir pada saat gerhana bulan. Aku tertarik. Karena ibuku pernah cerita aku lahir pagi setelah gerhana bulan. Saudaranya itu lahir satu hari sebelum tanggal di belakang pajangan itu. Kebetulan yang mencurigakan bukan?

Keyakinan akan kebenaran.
Waktu SMA aku pernah nyoba software yang bisa tahu, tanggal di masa lalu itu hari apa. What…. kucobalah ke dua tanggal itu, benar adanya…tanggal 18 april itu bukan hari sabtu (hari yang diingat kedua orangtuaku sebagai hari lahirku) dan tanggal di belakang pajangan itu benar di hari sabtu. Sejak saat itulah, aku merayakan hari ulang tahunku bukan di 18 april.

Yang tahu hal ini sih, teman2 dekat saja.
He…soalnya males (malu keleuss) kalo harus cerita dan menjelaskan hal ini.
Masak salah tanggal lahir bisa segitunya.
Gak ada mirip2nya, 18 april VS 4 mei.

Jadi walaupun secara defacto aku belum ultah, tapi secara dejure udah ๐Ÿ™‚
Happy bday to me.
Sehat slalu….happy slalu….dan panjang umur.

Leave a Reply

