Jogja….jogja…jogja….

8-13 Mei 2015 #latepost πŸ™‚

He…habis liburan ke jogja selama 6 hari, dilanda malas berkepanjangan.
Knapa jogja? Karena bandung dan bogor udah terlalu biasa *gaya…
Yang jelas nyari yang jauh lah, sekalian uji ketahanan anak2 buat mudik *amin bisa mudik.

Sebenarnya pengen ke jogja setelah dana2 pasca resign cair, apa daya ada kegiatan penting memanggil. Berbekal uang seadanya dan 2 kartu kredit (thank to u) kami nekat berangkat.

CASPPER 2015
Setelah ikut webinar homeschooling dari RumahInspirasi semangat homeschooling membuncah. Dapat info dari teman, kalo komunitas koper mandiri (komunitas homeschooling jogja) mau ngadain camping tahunan Caspper (camping seru pegiat pendidikan rumah). Sebagai banci acara, daftarlah kami, eh udah habis kuota. Kecewa…

Tiba2, H-2 panitia sms kalo ada yang mengundurkan diri karena anaknya cacar, dan nawarin kami. Mendadak banget, blum nyiapin apa2 tapi kami terima πŸ™‚

Mas can ngelarin kerjaan disana sini, aku diminta packing. Baru kelar ini itu jam 9an. Anak2 didudukin di carseat masing2, bismillah kami berangkat. Perjalanan lancar, mas can sesekali istirahat dan sempat tidur, anak2 Ok banget cakrawala paling merengek kalo bosan sedang lintang sangat kooperatif, good job son!!

Sampai slemanΒ  ba’da magrib, lama juga ya…
Acara disana udah mulai dari siang. Kami bergegas registrasi lalu menuju tenda. jarak parkiran menuju tenda deket banget, jadi segala bawaan gampang di transfer. Kami bawa perlengkapan perang 3 bantal, 2 bedcover, 1 kasur kecil dan baju 1 kontainer.

Sempat khawatir duo penggila AC bakal kepanasan ternyata disana adem. Acara pertama kami setelah makan malam, perkenalan.
Rame banget….anak2 berserakan, he……Perkenalannya lucu, semua keluarga diminta jadi ularan2 dan keliling menyapa secara mandiri keluarga lain, habis itu unjuk seni oleh keluarga yang sudah daftar. Aku gak sampe kelar ngikuti, cakrawala udah ngantuk, dia butuh istirahat ekstra. Padahal masih pengen ngikut acara teropong bintang oleh klub astonomi, ya ya ya…. ingat2 subjeknya adalah anak2.

Acara berlangsung 3 hari 2 malam, acara variatif banget. Buat orang tua ada seminar keluarga, seminar parenting, sharing para praktisi homeschooling. Selama ibu bapak belajar, anak2 diberi kegiatan membuat mainan tradisional, menggambar, belajar angklung, mengenal reptil bahkan ada pertunjukan pantonim. Padat.
Bahkan di hari terakhir ada permainan mencari harta karun dan susur sungai. Lintang dan ayah ikutan, sedang bunda menemani cakrawala bobok πŸ™‚

Seru….menemani lintang dan cakrawala camping pertama. Selama ini lintang cuma tahu dari buku. Capek? Pasti, tapi terbayarkan dengan keseruan disana plus makanannya juga uenaaak….kami cukup membayar 200rb per orang untuk semua (acara, kemah dan makan) murah kan….

image

image

JOGJA
Dari awal gak bikin itenary, just pengen di jogja aja. Menikmati suasana kota jogja, jalan2 plus blanja πŸ™‚
Pertama nyampe, nyari hotel yang ok dengan harga bersahabat. Cek hotel quickly, harga diatas 300rb semua.males ah… ceki2 booking.com ada penawaran ok seharga 250rb dan deket malioboro pula. Siip. Menuju jalan mataram, hotel pules namanya. Unik ya namanya. Hotelnya imut, lintang bilang “kok hotelnya kecil ya bunda” tepat di depan resepsionisnya *uuppps.Β  Cuma 2 lantai dengan tiap lantai sekitar 6 kamar. Luar kamar cukup. Ada tivi kabel, ac dan kamar mandi dalam, mantab toh. Dan yang terpenting bersih!!! Recomended.
Eh satu lagi, resepsionis nya ramah banget. Love u mbak.
Malam pertama duo jagoan pules bener.

image

image

Bangun pagi, anak2 masih leyeh2 di kasur sambil nonton tv. Mo ngajak lintang naik becak, dah ditagih dari semalam πŸ™‚ sekalian mo nyari laundry kiloan, khawatir kehabisan baju. Harga laundry ekspress disini 8rb/kg. Murah ya.
Kelar laundry, nyari sarapan. Atas rekomendasi tukang becak, kami melipir ke sop ayam pak min klaten, di pojokan perempatan jalan, rasa enak dan harga murah. Sop campur nasi cuma 6rb, kirain dikit eh ternyata banyak, nyam nyam….

image

Habis itu, kemana aja?
Hari ke 1
Candi Prambanan.
Lintang suka naikin tangganya yang tinggi, semangat dia. Ayah dan adik nunggu dibawah. Ayah dah pernah katanya πŸ™‚
Panas ya disana. Masuknya sih deket tapi baliknya diputerin. Untuk cakra bawa stroller. Tapi tetap bunda gendong cakra, kakak yang naik stollernya.Β  Oh ya lintang dan cakrawala gak kena tiket.
image

Rumah Teman
Teman kantor sesama ngantor dulu *ribet bahasanya tinggal di klaten. Dari prambanan mampir kesana, lintang dan cakrawala kerasan. Kayaknya mereka berdua kangen suasana rumah, sgala mainan kalin dimainin, main bola dihalaman sampai main pasir segala. Makasih ya mba ferry dan mas hendra atas suguhannya. Moga bisa jumpa lagi.

image

Ke Yogyatorium
Apa pula itu….yailah tempat jualan kaos dagadu yang asli. Tempatnya sekarang bagus, dua lantai apa y. Harga standar, sekitar 70-85rb. Gak tau juga sih bedanya ama yang KW, hanya berusaha menghargai karya orang aja :).
Disini gak sempet poto2, lintang heboh ngider2 dan mengacaukan gantungan kaos. Kami pelanggan terakhir, habis itu dia tutup. Di jalan lintang dapet ceramah attitude 4 sks dari ayah bunda. Sukses bikin dia merasa bersalah *kasian.
Kami kemarin kesusahan nyari tempatnya, alamat dagadu asli :
image

Hari ke 2
Masih menginap di hotel pules, tapi hari pertama kami check out dulu karna kalo langsung nginep lagi rate nya 315rb beda 65rb, lumayan…masih mengandalkan booking.com. Bisa pake kartu kedit disini #aman πŸ™‚

Taman Pintar
Nyari yang deket dan berbau lintang. Disini kalo senin tutup ternyata, untung kemarinnya gak jadi kesini. Disini terbagi menjadi berbagai macam zona dan ada zona khusus buat paud. Harga tiket masuknya juga murah murah. Lintang nyoba zona air, melukis gerabah dan zona paud. Di zona paud, ortu gak boleh ikut dan dia gak mau masuk sendiri, gagal. Melukis gerabah suka, good idea buat di rumah. Main di zona air sampai nambah lagi 2x, padahal cuma naik perahu karet keliling lintasan, he…. habis itu dia main di zona lalu lintas, naik sepeda di jalan berambu.
Lama juga di sana, hampir 4jam an.

image

image

Mirota Batik
Cakrawala dah ngantuk, dia tidur di gendongan. Mo ke malioboro, dah panas. Nyari yang adem aja lah. Mirota πŸ™‚ kesana naik delman. Hutang ke lintang lunas sudah.
image

Nyari batik disana kok berasa mahal ya untuk kualitas yang biasa aja. Aku cuma dapet rok batik dan mas can beli kaos gambar petruk. Beli oleh2 juga buat para tetangga. Lintang suka banget disini, memborong mainan ketapel, yoyo, maracas, pesawat dari kayu. Harganya terjangkau dan yang pasti bisa bayar pake gesek, hahahaaa.

Kelar dari mirota, lapeerrr. Kami cuma sarapan roti tadi. Ayah masih penasaran ma gudeg. Cus nyobain gudeg yu djum. Harganya lebih mahal dari gudeg bu ninuk yang kemarin kami beli. Selisih 7rb, lumayan kan. Rasa sama aj menurutku. Gudeg bu ninuk ini persis sebelahan ma yu djum.

Stalking toko mebel
He….judulnya gak banget. Biar perjalanan ini ada nilai ekonomi nya, disusupi lah oleh ayah agenda bisnis. Kami melihat toko mebel antik yang ada di jogja, tokonya gede banget, barangnya banyak. Ayah ngiler tuh kayaknya πŸ™‚ moga nanti mattoafurniture.com sebesar atau bahkan lebih dari toko lawas itu

Terakhir, beli bakpia pathok.
Aku kira pathok itu nama pemilik atau merk, ternyata nama daerah penghasil bakpia ya. Lintang dapat tugas mengamati pembuatan bakpia, katanya mixer nya gede. Bunda nunggu di mobil, biasa cakrawala bobok.

Waktunya pulang….
Dari jogja sekitar jam 4an. Anak2 ok di perjalanan. Mampir pekalongan tengah malem buat beli batik, iya ada yang buka. Toko disamping masjid gitu, katanya buka 24 jam. Pas berangkat pengen mampir, cuma kan buru2. Eh pas pulang ayah sengaja berhenti, makasih ya ayah. Batiknya murah2, ada yang harganya 5rb segala. Tapi emang kualitas ya biasa aj πŸ™‚

Sampai rumah jam 12an siang.
Langsung bobok Zzzzzzzzzzz

PS : Kami mau camping lagi, horeeee. Dah daftar buat FESPER (festival pendidikan rumah) di cibodas bulan agustus nanti. Moga sehat semua, amin.

Advertisements

4 thoughts on “Jogja….jogja…jogja….

  1. Anak2 pasti seneng banget ya mbak liburannya. Bermain sekaligus belajar.
    Bandung dan Bogor memang benar ko udah biasa kali ya liburan kesana hehe.
    Mbak Wulan berapa lama perjalanan tuh anak2 ga bosan?. Anakku klo sdh lbh 30 jam ngamuk pas kami lg jalan2 ke negara tetangga. 5 jam perjalanan klo tiap 1 jam berhenti kapan nyampenya kan haha.

    Lintang ngomong hotelnya kecil bisik2 aja ya spy resepionis ga dengar hehe πŸ˜€ .
    Setuju sama mbak Wulan, klo ada yg asli ngapain beli yg KW, paling tidak kita menghargai pelopornya πŸ™‚ .

    • Cakrawala mah asal ada emaknya happy mba, deket sama sumber makanan πŸ™‚
      Kalo lintang, dah suka nanya kok lama y, gak nyampe, distelin cd lagu2 ma film anak2…jadi lumayan anteng
      Paling ngaso di spbu bentar2, sama pas makan
      Kemarin ke jogja lumayan lama, 17 jam πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s