Seputar Buku Anak

Dari kecil saya suka baca, walaupun modal pinjam teman atau buku perpustakaan. Gak ada yang menyortir aneka buku buat saya, saya lahap smua. Jadilah saya sempat feminis dulu, jangan2 saya dulu gak mau pacaran karna itu ya (dilarang komen “gak laku”).

Lah…sejak bekerja saya bisa sesuka hati blanja buku, untungnya suami gak pernah protes. Ketika dah beranak, kegilaan blanja beralih ke buku anak.

Nyari2 buku bagus, recomendded dan bla bla bla..Ternyata mencari buku okeh buat anak baik secara cerita dan gambar itu tidak mudah. Browsing sana  sini, nyoba ini itu dan blajar tentang ilmu parenting…. Buku buat anak itu banyak syaratnya..dan buku2 terbitan penulis indonesia (sebut yang terkenal macam buku C**** ng) kurang okeh menurut saya. Kurang okeh secara ilmu parenting ya (bukan keseruan cerita atau gambar) *serius inih.

Menurut saya buku anak itu :

– untuk anak yang belum matang akidah islam nya sebaiknya no cerita yang tidak sesuai dg akidah agama islam agar tidak membuat anak rancu. Misal nih dongeng2 rakyat indonesia yang ada cerita dewa2nya. Di buku C**** ng judulnya “jangan bilang siapa-siapa” si anak gak sengaja bohong ma ibunya trus merasa bersalah dan dia cerita ma batu, aku langsung shock bacanya. Manablintang nanya ” knapa batunya ada matanya bunda?” Kok saya brasanya jadi kayak si anak itu cerita ke berhala…padahal bisa aja misal curhat sama Tuhan (kalo mau pake bahasa yang universal).

– Kalimat dan cerita positif. Pengalaman bacain buku buat lintang, kalo ada tokoh yang melakukan hal salah, dia niru kelakuan buruk si tokoh walaupun nanti si tokoh jadi baik. Misal cerita ada anak buang sampah sembarangan trus di nasehati buat buang sampah di tong sampah, emang knpa kalo gak pake adegan2 buang sembarangan sebelumnya. Bahkan buku semahal halo balita, ada narasi “teriak si A” bok ya “kata si A”. Rasul mencontohkan untuk berkata lembut kan ya….

– ilustrasi sopan (tidak membuka aurat berlebih buat tokoh wanita). No princess sayah. Ini wajib banget.

– cerita sesuai ilmu parenting. Misal kalo anak salah ya gak langsung marah orangtua nya. Lintang peka banget ma gambar2 ekspresi orang di buku2nya. Suka nanya “ini knapa marah?”. Padahal kan dalam ajaran islam “janganlah kau marah, maka bagimu surga”. Kalo kayak gitu kan secara tak sadar kita ngasih tahu boleh marah. Bisa sih kita bilang gak usah ditiru, tapi itu dia yang dilihat lebih nancep di otak balita.

– apalagi ya? Murah terjangkau….hahahaa..

Kalo kadung kebeli buku tak sesuai kriteria, saya modif cerita pas bacain buat mereka. Masak dibuang ya…kan sayang, hahahaa….

image

Koleksi buku lintang an cakrawala

Saya justru banyak ketemu buku terjemahan atau berbahasa inggris yang bisa apik mengemas cerita. Walaupun gak ada cerita lebay2 tapi kok yo seru….

Ada yang punya referensi buku ok?

note : Smoga suatu saat nanti bisa menulis buku anak yang bagus.amin. 🙂

Leave a Reply

