Menyapih Cakrawala

Sudah 3 hari cakrawala disapih…..
Kami memilih menyapih di tanggal 12 robiul awal 1437H, tepat di usia 2 tahun nya secara tahun hijriah.

Sejak 1 bulan yang lalu setiap mau menyusui sudah disampaikan “nanti pas cakrawala 2 tahun selesai mimik bunda ya, cakrawala mau jadi anak gede..kalo haus nanti minum air putih di gelas, kalau mau susu minum susu gelas atau kotak ya” kadang dia jawab ” igaaak (tidak)” kadang diam saja. Tapi kalo ditanyaa “siapa yang mau selesai mimik?” Dijawab dengan semangat “adek” ๐Ÿ™‚ Hitung mundur haripun dimulai dari sebulan yang lalu…sampai kalo aku bilang “10 hari lagi,……..” Pake demonstrasi nunjukin jari, dia pun ikut2an.

Cakrawala yang sehari bisa menyusu sampai 10x…bunda sedih banget harus menyapih mu le….. Menyusui mu selama 2 tahun sungguh momen yang indah. Andai tidak ada dalam al quran untuk menyusui selama 2 tahun, mungkin bunda akan terus menyusui mu nak…
Menulis ini saja bunda sudah menangis ๐Ÿ™‚

Sudah 3 hari kami jalani….
Pagi pertama dia nangis lama minta menyusui, di bilangin kalo mulai hari ini sudah tidak mimik, masih nangis dan berhenti setelah dibujuk main.
Di waktu tidur siang, nangis lagi minta mimik….dibujuk, digendong gak mempan. Nangis lama…..dibawa ke mobil. Duduk bentar langsung tidur. Bunda sedih banget lihat kamu nangis le…… Waktu mau tidur malam pun masih nangis…minta mimik.

Hari kedua bangun tidur udah gak minta mimik. Kadang dia masih merengek minta mimik, “lupa ya…cakra udah gak mimik bunda” setiap dia minta menyusu. Tidur siang digendong sambil dinyanyi in, dia tidur. Bunda gak kuat le…dengar tangismu….lihat wajahmu….. Keyakinan bahwa ini yang terbaik yang Allah perintahkan lah yang membuat bunda bertahan 3 hari ini. Keyakinan bahwa SEMPURNA nya menyusu hingga 2 tahun. Kuatkan hamba ya Allah.

Hari ketiga sudah tidak ada permintaan mimik. Setiap mau tidur gelisah, merengek, dan bingung sendiri. Bahkan masih menangis…. Sabar ya nak…kuat ya nak… Ayo berjuang bersama! Ini jihad kita untuk menaati perintah Allah.

Semoga Allah memberikan kelancaran bagi proses menyapih ini.
Semoga Allah memberikan kita ketabahan, kekuatan dan kesabaran dalam menjalani proses menyapih ini.
Semoga Allah selalu menjaga mu dan memberikan kesehatan untukmu nak…

Bunda sayang kamu le….
Tak terbilang…..

*ditulis di tengah malam, tak bisa tidur setelah menemani cakrawala menangis terbangun malam .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s