Cerita Mudik di bulan Maret

Yes. Kami mudik lagi. Dalam rangka apa? Pengen ketemu bapak emak ibu, biar gak pada kangen berkepanjangan sama cucu anak mantu nya.

Yang berbeda ?
Mudik kali ini berbeda karna cakrawala dah disapih. Jadi dia bisa lebih lama duduk anteng di kursinya dan gak nyari alibi buat menyusu :).
Kami juga lewat jalur tengah, jadi dari semarang kami menuju solo, salatiga, madiun dan jombang. Rute yang belum pernah kami lewati.

Anak2 pa kabar di jalan?
Anak2 gimana, ya kadang rewel, nangis, happy,  campur2 lah. Perjalanan mengajarkan kami kompromi dan memperbanyak stok sabar. Kan…jadi kangen jalan2 lagi.

image

Pandangan menuju video smua

Ngapain aja selama mudik?
Di rumah aja. Kalo anak2 happy banget, banyak teman disana. Kata lintang “saudara lintang banyak ya”. Cakrawala juga dah mau main, mau digendong eyang om tante. Cakrawala dan lintang suka lihat ayam peliharaan eyang dan kambing ma bebek di rumah tetangga. Lintang seneng banget main tanah di halaman, maklum depan rumah kami aspal ๐Ÿ™‚ . Selama 8 hari di kampung sepertinya cukup membahagiakan para eyang.

image

Liat kambing baru beranak 3

image

Pose favorit cakrawala "cheeess"

image

Blajar bikin bata

image

Ngubek ngubek abu

Kalo bunda, disana banyak asisten dan rehat dari urusan rumah tangga *kipas2. Tamat baca buku IEP nya dee juga dikampung. Seru ya bukunya.

Kalo ayah, gak jauh2 dari bisnis. Ngecek2 workshop dan juga ke malang buat ngirim pesanan pintu.

image

Sempat ke jember, nganterin si no 3 acara tunangan. Akhirnya tunangan juga adek cowokku itu. Smoga segera nikah yo dek :).

Slama di probolinggo kami malah gak main2 ke tempat wisata, cuma ke toko oleh2 doang. Eh satu tempat wajib didatangi pas ke probolinggo, bakso probolinggo kesukaan aku *tiba2 ngiler.
image

Selama di jalan mampir kemana aja?
Malang.
Sampe kebawa mimpi saking pengennya ke kota ini. Dah lama banget gak ke malang. Sekitar 6 tahunan mungkin. Malang kota kedua ku setelah probolinggo. 4 tahun berjuang disana. Pahit, getir, manis, bahagia pernah terjadi disana *mellow. Masuk kampus dan berjalan di antara gedung kuliah dan gedung praktikum, oh rasanya kembali ke 13 tahun silam (dilarang berpikir kalo saya sudah tua). Melihat kos2 an tempat bersarang dulu dan jalanan di depannya seperti melihat kembali wulan yang dulu suka jalan sendiri dengan cueknya dengan sederhananya dengan bahagianya. Sungguh nostalgia itu membahagiakan. Pas makan malam lalapan, mataku berkaca (lebay banget ya) rasanya lidah ini kembali ke jaman dulu, semua memori itu rasanya disetel ulang di kepala.
Makasih pak candra, mau mengantar aku menyusuri jalan-jalan itu.

image

Di depan gedung kuliah

Selain mengantar bunda bernostalgia, kami mengunjungi teman kuliah mas candra dan juga keponakan yang kuliah disana. Silaturahmi kita. Sempat kulineran di bakso presiden dan mampir beli cilok depan sma 8, cilok fenomenal jaman kuliah :). Kami gak ke tempat wisata, hanya mampir di alun-alun batu saja.

image

image

Mampir alun-alun batu

Semarang.
Kami jalan-jalan nya pas perjalanan balik. Disana, kami kulineran di rumah makan kepiting cak gundul yang harganya ternyata bisa buat bayar kamar hotel sehari *habis bayar langsung mules :). Lanjut main ke klenteng Sam Poo kong. Disana lintang gak mau diajak liat patung. Dia emang gak nyaman kalo melihat patung2, blum bisa membedakan fosil dan patung. Kayaknya kita perlu pergi ke tempat pematung le. Kelar muter, lintang malah ngelihat foto2 pengunjung dengan kostum kerajaan, dan merajuklah dia mau difoto juga. Oalah le, gak jauh2 dari pedang dan perang2an kowe iku. Tiket masuknya murah bener Rp. 4000. Lintang dan cakrawala free.

image

image

Lepas semarang, kami mampir di Pekalongan untuk blanja batik. Kami blanja batik si jejeran toko di sebelah masjid besar (lupa nama masjidnya) disana harga pas jadi cocok buat saya yang suka nawar kebablasan. Pekalongan juga tempat warung soto yang setia kami singgahi setiap mudik. Soto kudus adi roso. Kuah sotonya suegerr dan satenya lezaaat *ngecess.

Menginap dimana aja?
Pas berangkat kami ngaso di semarang, menginap di whiz hotel kamar twin. Dapat lantai 9 yang menghadap ke jalan. Indah waktu malam tapi jendelanya bikin ngeri karena khawatir anak2 iseng buka. Kamar kecil tapi cukup terbantu dengan jendela yang panjang dan kaca di tembok. Kloset dan shower terpisah. Bersih. Sarapannya juga enak. Wifi gak bagus.
image

Pas di malang, kami menginap di de’ boutique style hotel kamar superior double. Kamarnya luas, tv besar, kamar mandi luas. Bersih. Sarapan rasanya biasa :). Wifi gak ok. Di depan kamar lt 2 ada kursi buat duduk2. Semacam halaman kamar.
image

Kelar jalan2 dimalang sudah sore, pak sopir tercinta melanjutkan perjalanan. Jadi sepanjang malam kami di jalan. Lewat jalur utara yang lebih familiar. Kami pulas sementara paksu menyetir. Kayaknya beliau sempat tertidur sebentar di spbu entah dimana :).

Nyampe semarang jam 11an, kami putuskan berwisata dan menginap. Setelah nyari2 hotel ok sesuai kantong, terpilihlah studio inn & suites semarang kamar executive twin. Kamarnya luas, ada jendela dengan view genteng penduduk berterasiring, ada kulkas kecil, safety box, kamar mandinya luas tapi saluran tv nya lokal semua. Sarapan banyak pilihan tapi rasanya biasa.
image

Semua kamar hotel kami pesan lewat traveloka, sejauh ini paling murah. Lebih murah dari rate offline. Oh ya, kami sebisa mungkin memilih kamar yang ada jendela, lebih lega ๐Ÿ™‚ .

2 minggu kami keluar rumah, sampai2 lintang berujar kangen rumah dan pengen beresin mainannya. Dia juga kangen ma teman2nya.

Kami selalu suka jalan-jalan. Walaupun setelahnya ada PR cucian dan beberes rumah ๐Ÿ™‚

Jadi, kemana lagi kita di bulan april ayah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s