Cerita ke Museum Satriamandala

Ini cerita minggu kemarin.

Rencananya minggu kemarin itu kami tinggal di rumah aja setelah sabtunya pergi ke rumah kawan semasa kuliah di Purwakarta. Istirahat sebelum sabtu minggu besok bakal camping ke bogor.

Lah….tibak’e pak candra ngajakin ngambil hp nya yang lagi diservis di PGC (pusat grosir cililitan). Jauh ya servis nya, hehehehee….. si bapak sekalian mampir ke usaha laundry kami di daerah sana.

Si bunda gak semangat blanja (guayaaaa) jadinya ngajak anak2 naik transjakarta dari halte walk PGC. Oh ya, anak2 diatas 90cm udah kena tiket. Para bocah kurang menikmati, mungkin karena lagi rame minggu siang itu.

image

Swafoto dulu kami

image

Ada yang ngabisin 4 roti unyil di halte 🙂

Bunda jadi kepikiran buat mampir ke museum satria mandala, eh si anak sulung dengar, jadilah kami benar-benar kesana.

Letak musem tersebut sebelum halte LIPI, jadi kamu harus jalan lagi menuju lokasi.

Di museum Satriamandala parkirannya luas ternyata. Ada beberapa mobil yang parkir. Kami menikmati berbagai kendaraan TNI yang di pajang di halaman museum yang luas. Lintang & Cakrawala senang banget, apalagi Lintang yang kini mengikrarkan diri mau jadi tentara, hihihihi…heboh dia liat tank dan pesawat.

image

image

image

image

image

image

image

image

Halaman nya tertata rapi. Puas keliling di halaman, kami masuk ke museum. Harga tiketnya Rp. 5.000, untuk anak-anak Rp. 2.500. Kalo mau foto2 atau video harus bayar lagi. Kami gak beli tiket untuk foto2 (hemat 🙂 )

image

Pintu masuk museum

Di dalam museum koleksi nya seruu loh.. ada diorama pertempuran jaman dulu. Ada area khusus Panglima besar Sudirman. Di area tsb, ada Foto beliau, koleksi ranjang, kursi, jas kebesaran beliau, surat kematian (meninggal di usia 38tahun, masih muda ya…) dan tandu yang fenomenal itu. Pas ngeliat tandu itu, aku ngerasa mellow banget, jadi ngebayangin perjuangan beliau dulu.

Ada area A.H. Nasution juga. Disitu dipajang foto2 beliau dan seragam jendral nya. Seragamnya TNi terlihat keren  banget disitu….

Ada juga ruangan khusus buat Pak Harto. Foto pak harto waktu masih muda ganteng banget….senyumnya muanis poollll….Pantesan dijuluki smiling jendral.

Di museum juga ada koleksi lencana dan sejarah TNI. Foto2 panglima besar TNI dari masa ke masa.

Turun ke area bawah…ada berbagai senjata. Lepas itu langsung pintu keluar. Kirain selesai. Ternyata di halaman belakang ada banyak dipajang pesawat dan ada area khusus meriam. Lintang betah banget di area meriam. Ngajak bunda, tante dan adik main perang-perangan. Segala meriam dinaikin dan diutak-atik.

image

image

image

Sedangkan di area samping ada cafetaria dan di belakang ada mushola. Tapi menurutku halaman belakang tidak serapi halaman depan. 

Selain kami, beberapa keluarga juga berkunjung kesini. Anak-anak terlihat antusias. Kami juga suka kesini.

Pulangnya naik grab taksi. Pada gak kuat buat nge-busway lagi. Cukup bayar 10rb buat balik ke PGC, dapat promo hellograbid.

Perjalanan hari itu ditutup dengan indah, yaitu makan bakso malang di halte walk PGC. Alhamdulillah…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s