Dari Cariu ke Cianjur

Pekan terakhir di bulan April kemarin kami manfaatkan untuk menjelajah jalan baru, salah satu hobi kami. Tujuan kami ke Danau Cirata di sisi Cianjur yaitu Objek Wisata Jangari.
Kami lewat jalan tembus area belakang Kawasan Industri GIIC Deltamas ke Jalan Sukabungah. Melewati jalan baru salah satu obat mengasah empati buat kami. Di sepanjang jalan kami masih melihat rumah dengan dinding dari ayaman bambu, yang baru lintang lihat. Kami juga mampir di warung untuk beli es es krim, eh malah ketemu kerupuk warna-warni berbentuk silinder yang jadi cemilan jaman dulu di kampung, kami menyebutnya “ganipo”. Ada yang tahu? Kerupuk ini didapat dari menukarkan panci bocor, ember pecah, dll ke abang pengepul barang bekas. Dia keliling pake sepeda dengan kantong kerupuk besar di belakangnya dan kantong barang bekas di kiri kanan sepedanya. Salah satu yang ditunggu kedatangannya di masa kanak. Memakannya seperti menarik diri ke masa 25 tahun lalu :).

Perjalanan kami disponsori oleh google map, dengannya kami merasa aman dari kesasar. Lintang pun sudah familiar dengan aplikasi ini dan mengangkat dirinya sebagai navigator.

Cariu.

Setelah Lebih dari setengah perjalanan, di kanan jalan kami melihat sebuat plang bertulis “700 m Penangkaran Rusa Cariu”. Kayaknya pernah dengar atau baca. Mampir yuk bang.

Alkisah mampirlah kami di Penangkaran rusa cariu. Letaknya di pinggir jalan, masuk sedikit ke parkiran. Biaya tiket masuk @ Rp. 10.000 dan biayar parkir Rp. 10.000. 

Dari tempat parkir, kami menyebarangi sungai besar melalui jembatan nan panjang. Di sebrang sungai, rimbun akan pepohonan dan terdapat warung yang menjual ikan dan ayam bakar, wangi…. Beberapa anak juga bermain air sungai di sisi sungai yang dangkal. 

Pas brangkat lintang takut, pulangnya udah lari di jembatan *ganti emak deg-degan

Awalnya kami kira pengangkarannya tepat di sebrang sungai, ternyata lanjut jalan lagi ^_^. Untunglah anak-anak pada semangat jalan. 

Jalan menuju penangkaran, semangat!!

Di dekat penangkaran rusa, juga terdapat warung ikan bakar dan area untuk camping. Area campingnya menggoda, rumput hijau dengan pohon pinus dan disamping sungai pula, nyummm… Oh ya, biaya untuk camping 35rb/orang/malam.

Seorang nenek berjualan pakan untuk rusa tepat sebelum undakan turun menuju area penangkaran. Dia memonopoli penjualan ubi yang dipotong memanjang itu dengan harga 10rb/kantong. 

Area penangkaran rusa cariu tidak seperti ranca upas yang dibatasi oleh pagar di sejauh mata memandang. Disini banyak terdapat pepohonan tinggi di sisi pinggiran penangkaran. Waktu kami kesana cuma ada 3 rusa yang tampil. Kata nenek penjual pakan rusa, rusa-rusa yang lain lagi damai dalam rimbunnya pohon. 

Untung ada rusa yang mau mendekat untuk dikasih pakan. Lintang senang banget ngasih pakan, sedang cakrawala masih agak takut. Potongan ubinya pendek memang, jadi agak ngeri si rusanya gigitin tangan. Tapi bunda sok cool di depan anak-anak. 

Gini loh nak cara ngasih makan rusa *ter emak-emak banget

Swafoto ma rusa di kejauhan

Kelar ngasih makan rusa , kami duduk-duduk sejenak di area penangkaran. Lintang dan cakralawa melihat burung elang terbang di atas kami, dan berperanlah mereka menjadi kelinci, meloncat-loncat kesana kemari. “Biar elangnya kesini bunda, “jawab lintang begitu aku tanyai.
Perut lapar, memaksa kami beranjak. Sempat tergoda makan disana, tapi kami masih memegang teguh tujuan awal yaitu makan ikan bakar danau cirata. Jaraknya udah 30 menit lagi, nanggung kan ya. Kami numpang main doan di depan warung. Anak-anak main ayunan dan Pak Candra mencoba main enggrang. Bunda? Update status ^_^ *anak sosmed tauuk.

Main ayunan ala cakrawala

Guru dan murid sama-sama amatir ^_°

Cianjur.

Danau Cirata sendiri dikelilingi oleh 3 kabupaten yaitu Bandung Barat, Purwakarta dan Cianjur (kata tukang perahu). Yang kami datangi ini, sisi danau cirata di Cianjur yang sudah jadi objek wisata yaitu ​Jangari.

Kami berempat bayar tiket masuk 10rb. Entah itu resmi atau tidak, karena tidak ada bukti bayarnya.  Jalan beberapa meter ada lagi yang narik tiket parkir. 

Begitu danaunya mulai terlihat, di pinggirannya penuh warung ikan bakar. Mengelilingi sepanjang garis danau. Kami terus ke arah kanan dari pintu masuk dan berhenti di lengkungan danau yang banyak perahu tertambat. 

Pemandangan miris pun terlihat, pengunjung yang membuang sampah sembarangan, melempar tisue dari mobil mereka #sebelsesebelsebelnya.  Pinggiran danaupun ternodai oleh tumpukan sampah yang banyak mengambang #sedihkuadrat.

Lepas memandang sampah #fiiuuh, kami naik perahu. Bayarnya 50rb untuk satu perahu dengan rute mengelilingi danau. Kalo mau makan di warung tengah danau, bayar 100rb untuk naik perahu nya. 

Berkeliling naik perahunya lama ternyata, sekitar 30 menitan. Puas. Di danau inu banyak keramba ikan. Danau nya luas berasa di lautan ^_°.

Happy naik perahu


Memandang danau lepas


Cakrawala mulai berani berdiri di depan


Lepas naik perahu, lapar menyerang lagi. Nyari warung yang gampang parkirnya. Nanya harga, 65rb per porsi untuk makan 2 orang. Pas disajikan ternyata dapat 2 ekor nila bakar ukuran besar, nasi 1 bakul, sambal kecap, lalapan, dan 4 gelas teh manis beserta refilnya. Murah banget ya. Kalo mau bebas nyari warung, bisa memilih parkir di masjid dan tinggal jalan ke warung sepanjang jalan. 

Petang baru kami pulang. Mau balik lewat rute berangkat, khawatir gelap dan ada jalan rusak yang gak kelihatan. Jadi kami memilih menempuh jalan ke pintu tol padalarang.  Membuat Pak Candra menyetir sekitar 1,5 jam ke pintu tol, dan lanjut melewati tol cipularang ke arah bekasi. Lintang, Cakrawala dan bunda tertidur pulas sebelum masuk tol *zzzzzz.

Sampai rumah sekitar jam 10 malam. Aku kaget pas bangun, eh udah nyampe rumah, hihihi. Makasih ayah *peluk cium virtual :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s