Ayo Main : Taman Safari Cisarua

Berawal ketika suami diminta membelikan detergen untuk mesin cuci, eh dia belinya detergen buat cuci pake tangan *istri ngomel, heran bener ya ni istri hobi ngomel #GetokMukaSendiri. Lihat bungkus Rinso tsb, dibacalah ma si istri, Karena salah satu hobi keren istri adalah membaca bungkus apapun 🙂 .

Ternyata oh ternyata, ada penawaran liburan ke berbagai tempat rekreasi sesuai domisili, berupa tiket masuk buat anak. Istri sumringah *padahal tadi marah #maluDongAh.

Langsung buka website ayomain.rinso.co.id . Penasaran langsung masukin kode unik di bungkus dan tukar dengan tiket gratis. Milih Taman Safari Cisarua, yang paling mahal dong *ogah rugi :). Eh bisa, email konfirmasi langsung dapat. Horeeee….

Tiket bisa dipakai sampai 3 bulan dari mulai diterima. Karena bentrok ma puasa dan mudik, kami memilih untuk memakainya hari minggu kemarin. Pas di pintu pembelian tiket, kami cuma beli tiket buat dewasa. Untuk tiket anak, cukup nunjukin potongan kode unik di bungkus rinso dan email konfirmasi tiket. Alhamdulillah hemat 240rb.

Petualangan dimulai dengan menjelajah area safari hewan yang gak 100% berkeliaran juga sih. Paling yang berkeliaran bebas cuma zebra, rusa, lama dkk sesama hewan jinak. Tapi buat Lintang dan Cakrawala itu tetap membahagiakan. Apalagi pas ngeliat singa dari dekat, pada heboh. Kalo kata cakrawala, “aku paling suka singa, gajah dan flaminggo”.

Segerombolan rusa air

Si Buaya Muara ini ditemani Petugas (seorang kakek) yang santai aja berdiri di dekatnya *auuuw

Hai Pak Singa! Lagi ngelamunin apa cih?

Eh, boleh gak sih ngasih makan pas safari hewan? Di brosur yang dikasih pas pembelian tiket ada larangan, tapi sama petugas penjaga unta dipersilakan. Pegimana dong? Kami beli wortelnya di luar taman safari sih, 10rb dapat 3 ikat. Dan lagi, para hewan pemakan tumbuhan itu ngarep banget dikasih makan :). Pas di Taman Safari Prigen juga boleh kok ngasih makan *nyari alibi. Ehmmmmm, ngasih makan hewan itu seru ya, semoga sehat slalu ya para hewan.

Salah satu zebra yang doyan makan

Puas di area safari, sekitar 1 jam an. Karena di Taman Safari Cisarua ini bisa bawa mobil sendiri, bisa berhenti lama di depan hewan favorit. Berbeda dengan di Bali Safari Park yang naik kendaraan yang sudah disediakan pengelola.
Kelar bersafari, laper dung. Kita gak bawa bekal, banyak sih yang jual makanan (tapi ya gitu kadang harga gak sesuai rasa). Disini boleh loh bawa bekal, kalo di bali bawa minum aja gak boleh. Kita sempat ngeliat rombongan yang sampe bawa rice cooker *niat abis ya, bikin tambah laper. Sempat nyemilin pisang sih pas di mobil, tapi apalah arti pisang buat perut nasi ini :).

Belum ketemu makanan yang cocok, kami berhenti dulu liat pertunjukan. Di Taman Safari ini terdapat pertunjukan-pertunjukan hewan di jam tertentu, gratis. Kami menonton pertunjukan Bird of Prey Show. Baru kali itu lihat burung rangkong, yang ternyata besar dan paruhnya panjaang. Kelebihan lain, kata pelatihnya rangkong setia pada pasangannya, kalo si betina meninggal maka rangkong jantan akan menyendiri sampai akhir hayat *so sweet banget kan #dicontohYaPakSuami.

Pertunjukan Burung, Lintang Cakrawala menikmati

Kelar nonton pertunjukan, para bocah ngajak naik permainan flume ride. Naik perahu di jalur khusus yang ada 2 tanjakan-turunan maut. Iya maut buat saya yang gak tahan ketinggian. Pas lengkungan pertama, hati dan jantung rasanya mau copot. Lintang yang berada di tengah nangis minta turun, mana bisa. Menghadapi tanjakan kedua udah deg-deg an banget, teriak kencang gak bisa menghilangkan rasa mencelos. lintang nangis tambah kenceng, alhamdulillah dah kelar itu tanjakan dan turunan. Baju dan celana basah. Mengasolah kami di kantin dan memilih makan pop mie, hihihihi… Fyi, pop mie disini harganya 13rb, tapi udah diseduh ya dan bikin efek anget dan kenyang pulak 🙂 .

Tujuan selanjutnya Baby Zoo, tapi karena pas ke parkiran kami lewat tengah, jadilah mampir lihat-lihat satwa lain. Ternyata di papua ada hidup jenis kanguru loh *baru tahu saya dan kami juga bertemu penguin untuk kali pertama. Pinguin ini hewan yang sangat ingin dijumpai lintang. Salah satu cita-cita Lintang pengen ke Kutub Selatan *amin, walau bunda galau kalo beneran ditinggal pergi sejauh itu :). Tapi walaupun seneng, tetep aja dia protes, kasihan katanya penguinnya tempat nya sempit dan gak bisa hidup bebas. Dia juga nanya, kenapa gak tinggal di es, untunglah ada peta jenis-jenis pinguin dan penyebarannya sehingga mudah untuk menjelaskan.

Kanguru papua, fix ya papua bagian dari lempeng australia

Lintang mengamati Pinguin Hambolt

Taman Safari Cisarua ini paling luas sepertinya. Kami yang baru sampai tengah hari, tak bisa menjelajah semua area. Ke Baby zoo pun jam 5an (menjelang tutup), karena masih mampir ke dino park yang mana berisi mainan perosotan dari patung dino yang besar.

Perosotan di ekor Triceratops (aku jadi familiar nama dino semenjak beranak)

Ngaso setelah main perosotan

Di Baby zoo udah sepi banget, disinilah lintang bertemu LiGer. Aku juga baru tahu liger ini. Setelah baca keterangannya, Liger ini hasil perkawinan antara lion dan tiger. Pantesan badannya loreng tapi punya rambut layaknya singa. Tapi lorengnya gak jelas dan rambutnya juga gak lebat. Perkawinan ini sangat ditentang, karena liger ini tak akan sekuat induknya. Liger ini aja hasil sitaan dari vila mewah di daerah bogor. Jadilah lintang yang kepo nanyain panjang lebar mengenai si Liger ini. Sekarang pun kalo kami main jadi-jadian (pretend play) Lintang maunya jadi liger, ” biar bisa berubah-ubah bunda,” Katanya.

Swafoto di area baby zoo

Liger yang kesepian 😦

Jadi…jadi….masih penasaran sih sama isi taman safari keseluruhan. Tapi saya pribadi sebenarnya paling setuju kalo konservasi itu paling oke di habitat aslinya (tapi tetap kepo sama taman safari).

Semoga kami sekeluarga diberi kesempatan mengunjungi Taman Nasional di Afrika, melihat hewan liar di habitat aslinya. Amin.

Advertisements

6 thoughts on “Ayo Main : Taman Safari Cisarua

  1. Mo nanya donk mba Wulan… Skrg harga tiket masuk dewasa brp ya mba..?? Dlu aq ksna msh 150rb.. Kebetulan aq jg tiket gratisnya pilih yg ke Taman Safari.. 😊😀 makasih mba.. Lam kenal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s